Gigi berlubang

Pernah ngerasain sakit gigi gak sih? kalo lagu dangdut bilang sih lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. haha
I did! kayaknya semua orang pernah sakit gigi deh, even pas masih kecil. tapi sebenernya yang aku alamin bukan ke sakit giginya, melainkan gusi bengkak, jadi gusinya melembung trus agak ngilu, trus bikin gusi berdarah juga..
kali ini aku akan sharing pengalaman sakit gigiku. dan perlu dipahami ya bahwa ini menurut pengalaman pribadiku..dan jelas aku bukanlah seorang akademisi yang berlatar belakang perdoktergigian. :)
sakit gigi pertama kali mungkin dulu pas SD apa ya..biasalah, anak kecil suka jajan manis-manis. ditamballah gigi berlubang itu..dan pertambalan gigi sudah berulang hingga 2-3 kali.
pas SMA (kalo ga salah) udah beda lagi ni sakitnya. bukan sakit gigi karena bolong. tapi karena gusi bengkak dan gusi berdarah..singkat cerita aku bawa ke puskesmas, karena disuruh bapakku scalling (gatau ini tulisannya bener apa ngga) alias bersihin karang gigi. parah sih, pas kumur isinya darah semua..setelah itu sakit gusiku berkurang setelah karang gigiku dibersihkan. fyi karang gigi itu ternyata tumpukan kotoran yang mengeras digigi kita, dan merupakan salah satu penyebab gigi bolong.
waktu berjalan penyakit gusi bengkakku ini kumat pas masa perkuliahan. akhirnya bersiin karang gigi lagi deh, kalo kali ini ke dokter gigi yang ada di poli RS deket rumah.
disini aku dapet pengetahuan tentang pergigian yang sangad berfaedah gais..
Ternyata gosok gigi itu gaboleh sering2 gais, karena bisa mengikis apa ya aku lupa istilahnya.
pokoknya SIKAT GIGI ITU CUKUP 2 KALI SEHARI AJA dan ini pasti kalian masih banyak yang belum tau kan, kalo SIKAT GIGI ITU LEBIH BAIK PAS SETELAH SARAPAN SAMA SEBELUM TIDUR bukan pas kita sekalian mandi...jadi gitu gais. so pas kalian mandi tu sebenernya gapapa gausah sikat gigi, justru yang paling penting sikat gigi malah pas sebelum tidur dan setelah sarapan karena kotoran-kotoran sisa makanan yang masih menempel digigi itulah yang perlu dibersihkan dengan disikat. oiya sebenernya scalling gigi itu juga penting, karena pasti cepat atau lambat sedikit atau banyak akan ada sisa makanan yang menempel di gigi kita.  jadi paling tidak 6 bulan sekali kita harus membersihkan karang gigi biar gigi terjaga dan sehat sentosa.
fyi sekarang aku jadi jarang sakit gigi deh. ga pernah malah. hehe
demikian sesi sharing kali ini, semoga bermanfaat :)

Comments

Popular posts from this blog

THA XL

Ruang Terbuka Hijau “Kekinian” di Wilayah Perkotaan

first impression masker kefir!